Apa itu Linux ?

Linux adalah Sistem Operasi yang menggunakan model pengembangan, serta distribusi software secara gratis, atau biasa disebut dengan open source.

Di era sekarang, linux sendiri mungkin kurang familiar apabila dibandingkan dengan Windows maupun Macintosh. Hal tersebut adalah wajar karena penggunanya hanya 1,5% apabila dibandingkan dengan Macintosh sebanyak 11%, serta Windows malah lebih dari 85%. Tapi dibeberapa sistem operaasi yang kita gunakan. Android salah satunya adalah sistem operasi yang berbasiskan linux. Artinya persentase pengguna linux hingga saat ini dibilang cukup populer

Meskipun gratis, Linux adalah OS yang handal dan tangguh. Linux sudah terbukti stabil dan memiliki masalah yang sering terjadi seperti virus, hang, slow process, dll. Sehingga sudah terbukti kehandalan dan kestabilannya.

Linux juga memiliki istilah distribusi OS atau disingkat distro. Yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah Ubuntu, Debian, Centos, Redhat, dan juga Kali Linux.

 

Sejarah

Sistem operasi Linux dibuat oleh Linus Torvald pada tahun 1991 pada saat itu ia masih kuliah di Universitas Helsinski, Finlandia. Sebelumnya Torvald menemukan linux, Richard Stallman juga sudah mengerjakan project GNU. Sehingga dalam project tersebut, Stallman adalah pencipta linux untuk menciptakan sistem operasi yang benar-benar free. Free di sini artinya bebas untuk di kembangkan.

Pada tahun 1991, semua kode linux ini telah terkumpul dan hanya kurang 1 komponen yaitu kernel. Sementara itu, di lokasi yang berbeda Linus Torvald yang masih seorang mahasiswa di Universitas Helsinski mulai mengembangkan project pribadinya yaitu kernel tersebut. ia membuat kernel OSyang mirip dengan UNIX (sehingga disebut dengan UNIX like).

Pengembangan yang dilakukan oleh Linus Torvalds adalah hanya sebatas kernel. Kernel yang telah ia buat pun baru hanya dapat membaca hardisk dan device yang telah terhubung ke komputer. Pada September 1991, kernel tersebut mulai di luncurkan dengan nama Linux. Kernel ini sendiri pun diberi versi 0.01. Kemudian, Kernel ini digabungkan dengan project GNU, sehingga terbentuklah sebuah nama GNU/Linux.

Setelah itu, proses perkembangan Linux pun menjadi sangat cepat. Pada 5 Oktober 1991, Linus resmi mengumumkan kernel Linux 0.02, kemudian pada 19 Desember 1991, linux kembali memperkenalkan versi kernel 0.11 yang mana pada versi ini, Linux dapat digunakan seperti OS standar. Versi 0.11 kernel Linux juga masih berlisensi sebagai free software.

Selanjutnya, Linus pun mengganti lisensi kernel yang ia ciptakan menjadi GNU/GPL (General Public License) hal ini membuat siapa saja dapat melihat, mengembangkan dan berpartisipasi dalam proses development Linux. Pada 1990-2000 saat awal munculnya Linux ini , Linux hanya dapat digunakan untuk lingkungan aplikasi berskala besar, misalnya seperti web server, network server, dan database server.

 

Kelebihan

  1. Open Source = artinya semua orang bisa mengembangkat, melihat, mendistribusikan ulang
  2. Stabil = Untuk penggunaan linux dalam jangka waktu lama, linux adalah OS yang cukup stabil dan jarang nge hang
  3. Aman =  Virus di linux bukan berarti tidak ada, tapi virus dilinux terbilang cukup sedikit dan dapat diatasi
  4. Ringan =  Linux dapat berjalan diatas hardware yang sangat minimal yaitu dengan spesifikasi 128MB Ram, dan 5GB hardisk linux dapat berjalan
  5. Familiar with developer =  dengan menggunakan linux, developer banyak terbantu dengan tersupportnya banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan

Kekurangan

  1. UI / UX yang tidak sebagus dan semudah windows/ mac. Namun sekarang banyak desktop environment linux yang memiliki UI / UX yang cukup bagus untuk kita gunakan
  2. Kebutuhan driver untuk game terbatas. Bukan berarti tidak ada, tapi lebih ke terlambatnya driver untuk versi linux

Kesimpulan

Banyak pengguna sistem operasi hingga saat ini sudah beralih menggunakan linux, selain handal dan stabil, linux juga gratis. Hingga saat ini linux sudah bisa dibilang setara untuk penggunaan aplikasi dibanding dengan windows.

rangga try

Linux Enthusiast | Devops Engineer | System Engineer | Content Creator. Give me your vibes

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
x Logo: Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security